Translate

Total Tayangan Laman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Kamis, 06 Juli 2017

Mengganti Resolusi

Sebuah resolusi, umumnya dibuat saat menjelang pergantian tahun. Biasanya tahun yang baru adalah saatnya memperbaiki komitmen dan prioritas dalam mewujudkan sesuatu. Namun, menunggu hingga pergantian tahun, baru membuat resolusi, tentu saja tidak harus begitu. Saya sendiri berpikir untuk mengganti resolusi saya; dari menulis setiap hari menjadi membaca setiap hari. Tentu, sedikit atau banyak, saya memang membaca setiap hari, meski mungkin yang dibaca cuma Alkitab; tapi tetap saja terhitung membaca.

Mungkin, saya juga akan menyempatkan untuk tetap membaca artikel psikologi, dan menyelesaikan tiga buah buku novel yang sebagian kecilnya sudah saya baca, dan sebagian besarnya terbengkalai oleh saya. Dan semoga, dari membaca setiap hari, pikiran saya bisa tetap "cerewet", sehingga saya juga bisa menulis setiap hari.

Terkadang, apa yang saya kira sebagai prioritas malah seringkali membuat saya kehilangan fokus. Dari sekadar mengedit "ringan" tulisan lama untuk diposting, malah membuat saya lupa untuk menulis yang baru. Dan kadang, malah bingung sendiri mau menulis apa. Juga, jadi bingung sendiri, menulis di blog saya, atau dipublikasi di wadah yang mengiming-imingi royalti. Pada akhirnya, saya mau tak mau, tetap harus mengikuti kata hati. Jika menulis menjadi tekanan dan tuntutan, tentu tak lagi menyenangkan. Bukankah menulis yang menyenangkan, harus membuatnya menjadi semacam petualangan? 

Saya memutuskan mengganti resolusi; dari menulis setiap hari, menjadi membaca setiap hari. Mungkin, dengan sendirinya akan mengikuti. Dari membaca setiap hari, bisa dibarengi dengan menulis setiap hari. Dari menulis demi royalti, diganti kembali menjadi menulis dengan mengikuti kata hati. 

Memang, September nanti IIBF (Indonesia International Book Fair) akan diadakan lagi, dan kami juga dari tahun lalu, saya dan sahabat saya berencana akan memborong buku. Tapi, sekali lagi, resolusi harus diganti. Berhubung, tak bisa terlalu mengharapkan royalti untuk mencari tambahan dana untuk berbelanja buku; mungkin ketimbang dengan serakah ingin memiliki buku ini dan itu, saya lebih baik menghabiskan membaca dulu stok semua buku, yang sudah ditimbun sejak beberapa tahun yang lalu, dan belum semuanya selesai dibaca. Memang, membeli di saat event besar, biasanya penerbit berlomba-lomba memberikan potongan harga. Tapi, September toh belum lagi tiba. 

Juni ke Juli, bulan telah berganti. Dan ternyata, sungguh tak apa-apa untuk mengganti resolusi.

Tidak ada komentar: