Translate

Total Tayangan Laman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Selasa, 13 Agustus 2013

Review Novel Insatiable

Novel yang ditulis oleh Meg Cabot ini bercerita tentang Meena Harper, seorang penulis dialog untuk opera sabun berjudul Insatiable. Meena sedang dalam perjalanan ke tempat kerjanya dan sangat terlambat, ketika dia bertemu dengan Yalena. Meena yang dianugerahi kemampuan meramalkan kematian seseorang merasa cemas karena ia "melihat" gadis itu akan mati dipukuli. Pacarnya yang bernama Gerald akan membuatnya menjadi korban perbudakan kulit putih, kecuali ia berhasil memperingatkan Yalena untuk lari dari pacarnya sebelum hal itu terjadi. Karena sejak dulu tak seorang pun yang percaya akan kemampuannya, kecuali orang terdekatnya, maka Meena hanya dapat memberikan kartu nama pada Yalena, dan berjanji akan menolong gadis itu jika ia butuh bantuan.

Sementara itu, Lucien Antonescu, vampir berusia lima ratus tahun yang kini berusaha membaur dengan manusia dengan mengambil profesi sebagai dosen tiba-tiba murka saat ia menerima telepon bahwa vampir lain membunuh tiga gadis dan menghisap darahnya hingga habis. Lucien khawatir hal itu akan membuat keberadaan para vampir terancam karena manusia akan menyadari bahwa mereka benar-benar ada. Saat marah, mata Lucien pun berubah menjadi merah, sehingga menakuti seorang mahasiswinya, yang tadinya bermaksud menawarinya mampir untuk makan malam, sebab penampilan fisik Lucien memang sangat tampan, hingga menjadi daya tarik bagi lawan jenisnya.

Takdir pun mempertemukan Meena dan Lucien. Saat Meena tengah mengajak anjingnya, Jack Bauer berjalan-jalan, karakter yang diperankan oleh Kiefer Sutherland dalam serial 24, tiba-tiba saja sekoloni kelelawar menyerangnya. Pada saat itu, Lucien pun menolongnya dengan melindungi tubuh Meena dan Jack Bauer dari serangan kelelawar. Meena pun terheran-heran karena Lucien sama sekali tidak terluka. Meena tidak tahu pada saat itu bahwa sasaran serangan kelelawar itu sebenarnya bukan Meena, tapi Lucien. Koloni kelelawar itu adalah jelmaan para vampir yang ingin memberontak padanya. Sejak ayah Lucien, Vlad Tepes mati, maka Lucien pun mewarisi gelar pangeran kegelapan dan menjadi penguasa di antara para vampir. 

Meena dan John, kakak laki-laki Meena yang menjadi pengangguran setelah diberhentikan dari pekerjaannya dan lalu tinggal bersama Meena di apartemen yang sama, memutuskan untuk menerima undangan makan malam dari Mary Lou dan suaminya, Emil Antonescu. Meena tak pernah mengira bahwa Lucien ternyata adalah sepupu Emil. Mereka pun bertemu lagi di apartemen Mary Lou. Tak kuasa menghindar dari pesona Lucien, Meena pun tak keberatan saat Lucien menawarinya untuk menemani Meena    mengajak Jack Bauer berjalan-jalan. Bahkan saat Lucien mengajaknya menyelinap ke dalam museum untuk melihat-lihat lukisan. Meena juga tidak menolak saat Lucien mengajaknya bermalam di kediamannya, hingga terlambat masuk kerja.

Tadinya Meena ingin melanjutkan kencannya dengan Lucien, namun karena seorang gadis terbunuh lagi setelah darahnya dihisap hingga habis, maka Lucien pun membatalkan janji kencannya dengan Meena untuk menemui adik tirinya, Dimitri yang sudah beberapa kali berniat membunuh Lucien dan mencuri takhtanya sebagai pangeran kegelapan. Lucien juga menghadiahi Meena tas Marc Jacobs yang sudah lama diidam-idamkan Meena, tapi yang tak mampu dibelinya karena gajinya yang kecil. Meena sama sekali tidak tahu bahwa Alaric Wulf dari Palatine Guard (divisi militer Vatikan untuk menumpas vampir) mengincar Lucien. Alaric pun menyamar sebagai pengantar bunga. Dia memperingatkan Meena dan John bahwa Lucien sebenarnya vampir. Tentu saja Meena tidak percaya. Ia mengira karena acara televisi kini tengah ramai mengangkat tema vampir, maka masyarakat pun terpengaruh dan mengira vampir benar-benar ada, termasuk juga Alaric. Namun, Alaric berhasil meyakinkan kedua kakak-beradik itu bahwa Lucien benar-benar vampir. Alaric juga memperingatkan Meena yang telah digigit Lucien bahwa setelah digigit tiga kali dan meminum darah Lucien, Meena akan berubah menjadi vampir juga.

Sayangnya peringatan Alaric tidak berpengaruh pada Meena. Ia malah membiarkan Lucien bermalam di kamarnya tanpa sepengetahuan Alaric dan John yang berjaga atas kedatangan Lucien di ruang tamu. Meena membiarkan Lucien masuk lewat balkon dan membiarkan Lucien menghisap darahnya sekali lagi. Hal ini pun membuat kedua lelaki yang mencemaskannya itu menjadi jengkel padanya. Tak urung, saat Yalena menelepon Meena, Alaric dan John pun tak menolak mengawalnya untuk menyelamatkan Yalena. Ternyata Gerald, kekasih Yalena adalah Stefan Dominic, bintang baru Insatiable. Meena pun keberatan jika Alaric melukai Stefan karena dia akan kehilangan bintang baru untuk acara televisinya, tak peduli meski Stefan adalah vampir. Meena tak mengira bahwa Stefan ternyata memaksa Yalena untuk menjadi umpan untuk menangkapnya. Setelah tersiar kabar di antara para vampir bahwa Meena memiliki kemampuan cenayang dan Lucien yang telah menghisap darahnya dua kali juga sempat merasakan kemampuan itu akibat darah Meena yang dihisapnya, maka kini semua vampir mengincar Meena dan ingin mencicipi darahnya, termasuk juga Dimitri yang mengutus Stefan untuk menculiknya. 

Alaric lalu membawa Meena dan John berlindung di kapel, sementara kawanan vampir berusaha masuk ke dalam kapel. Seisi kapel, termasuk Meena, John, dan Alaric berusaha menghalau para vampir dengan air suci dan pasak. Sementara Lucien yang tengah berada di klub malam milik Dimitri mendapati beberapa bankir yang telah diubah menjadi vampir. Begitu para bankir itu bangun dari tidurnya, Dimitri berniat mengumpankan gadis-gadis seperti Yalena yang ditipu Stefan dengan berpura-pura sebagai manager artis bernama Gerald untuk makanan bagi para bankir itu. Keempat gadis yang terbunuh karena kehabisan darah itu adalah korban Dimitri juga. 

Setelah membunuh para bankir yang telah menjadi vampir, membebaskan para gadis yang disekap Dimitri dan memberinya uang dari brankas Dimitri, dan menghipnotis Reginald, penjaga di klub Dimitri untuk pergi dari tempat itu, Lucien pun membakar klub milik Dimitri. 

Saat Leisha, sahabat Meena yang tengah mengandung diculik Gregory Bane, vampir yang bermain di Lust, acara saingan Insatiable, Meena pun mau tak mau harus datang ke gedung gereja yang tengah direnovasi, karena di tempat itu, Dimitri yang ingin memberontak pada Lucien berniat menahbiskan dirinya sebagai pangeran kegelapan yang baru menggantikan Lucien. Meena tak mengira Emil, Mary Lou, John, Alaric, dan seisi kapel juga ikut datang untuk memerangi para vampir, termasuk juga Lucien yang berniat menyelamatkan Meena.

Saat John yang tak pandai membasmi vampir keliru melukai Lucien saat mengincar Dimitri, maka dalam kemarahannya, Lucien pun berubah menjadi seekor naga, sehingga menakuti semua orang. Meski menghanguskan para vampir yang bermaksud memberontak padanya, tak urung Meena menjadi ketakutan saat melihat wujud asli Lucien. Setelah peperangan antara Lucien-Dimitri dan Palatine Guard melawan para vampir usai, Lucien pun menghilang.

Meena dan John pun terpaksa tinggal di kapel karena apartemen mereka dan seluruh barang-barang milik mereka telah dihancurkan oleh anak buah Dimitri. Alaric yang khawatir Lucien masih akan mencari Meena jika kembali ke apartemennya juga melarang gadis itu untuk kembali ke sana. Namun perkataan Alaric justru membuat Meena ingin mengatasi rasa takutnya dan kembali ke apartemennya. Segera saja Lucien menemuinya dan memintanya untuk mau dijadikan vampir juga, untuk menjadi pasangannya. Meena dengan tegas menolak, karena selama ia menjadi manusia, ia akan tetap memiliki kemampuannya sebagai cenayang dan bisa memperingatkan orang-orang akan bahaya yang mengancam orang-orang di sekelilingnya, sehingga mereka luput dari kematian. Meski membiarkan Meena pergi, Lucien masih berharap Meena akan berubah pikiran. Hal ini membuat Meena akhirnya mantap untuk menerima tawaran Alaric untuk bergabung dengan Palatine Guard.

Hal yang langsung terasakan dari novel ini adalah selera humor penulisnya yang seolah ingin mengolok-olok cerita berplot vampir. Salah satunya adalah kutipan berikut: Para wanita secara genetik diprogram tertarik kepada lelaki tampan dan berkuasa, lelaki bertestosteron tinggi yang akan menjadi ayah yang baik untuk anak-anak mereka, dan seperti itulah para vampir - kaya-raya, tinggi, kuat, dan tampan-biasanya digambarkan film. Juga karakter Lucien yang sangat peduli kebersihan, meskipun dia vampir, terasa lucu: Lucien berjalan ke tempat adiknya terbaring, berhenti sejenak mematikan cerutu yang dijatuhkan Dimitri, kemudian mengangkat dan memasukkan cerutu itu ke tempat sampah di belakang. Lucien murka... tapi saat murka sekalipun, ia masih peduli dengan sampah. Plot novel ini juga mengalir lancar, sehingga kening tidak perlu berkerut dalam untuk mengingat jalinan ceritanya. Tentu saja, khas cerita bertema vampir, tokoh manusianya (Meena) digambarkan sebagai gadis baik hati yang terkesan agak naif, tak dapat menghindar dari takdir untuk jatuh cinta pada vampir berwajah tampan dan tidak jahat (Lucien). Meski terkesan agak norak, pada saat yang sama plot seperti ini juga terasa brilian, karena seolah ingin menyindir plot cerita-cerita vampir terdahulu, dari mulai Dracula-nya Bram Stoker hingga Twilight-Nya Stephenie Meyer. Secara keseluruhan, Insatiable lumayan menghibur. 

Tidak ada komentar: