Translate

Total Tayangan Laman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Senin, 25 April 2011

Review Film You Will Meet A Tall Dark Stranger

Film ini dibuka dengan scene Helena (Gemma Jones) yang mencurahkan isi hatinya pada cenayangnya, Cristal Delgriono (Pauline Collins) setelah mantan suaminya, Alfie Shepridge (Anthony Hopkins) menceraikannya setelah mereka menikah selama empat puluh tahun. Menurut Helena, Alfie menceraikannya karena ia terlalu jujur. Scene lalu beralih ke Sally (Naomi Watts), anak Helena dan Alfie yang terpaksa merawat ibunya setelah Helena menenggak 40 butir pil akibat depresi oleh perceraiannya. Sally menikah dengan Roy Channing (Josh Brolin). Tadinya Roy adalah mahasiswa kedokteran, tapi ia memutuskan beralih profesi menjadi penulis. Nove pertama Roy sukses dipasarkan, tapi sejak itu novel-novelnya selalu gagal menjadi best sellers. Akibatnya mereka harus bergantung pada Helena untuk membayari sewa apartemen mereka. 

Alfie sendiri sebenarnya takut menghadapi usia senjanya. Ia lalu mengencani Chairmaine Foxx (Lucy Punch), wanita panggilan bertarif $500 yang belakangan ia peristeri. Ia membelikan Chairmaine apartemen mewah dan menghabiskan banyak uang untuk isteri barunya. Alfie berharap Chairmaine bisa memberikan anak laki-laki baginya sebagai pengganti anak laki-lakinya yang diperolehnya dari Helena yang sudah meninggal. Sayangnya Chairmaine yang pembosan dan suka menghamburkan uang malah membuat Alfie menghabiskan uangnya untuk belanja pakaian isterinya dan membayari hutang judinya. Belakangan Alfie juga mencurigai isterinya berselingkuh dengan pria lain yang lebih muda. Saat mendapati isterinya tengah bermesraan dengan pria itu, Alfie malah dihajar hingga babak belur oleh selingkuhan isterinya.

Helena sendiri lalu berkenalan dengan Jonathan Wunch (Roger Ashton-Griffiths), duda yang baru saja kehilangan isterinya. Masih sangat mencintai mendiang isterinya, Jonathan lalu membuka toko buku yang mengkhususkan menjual buku-buku okultisme dan dengan perantaraan cenayang berusaha menghubungi arwah isterinya. 

Sementara itu, Roy yang sering bertengkar dengan Sally belakangan merasa tertarik pada Dia (Freida Pinto), tetangga baru di seberang apartemennya. Mulanya ia hanya memperhatikan Dia bermain gitar di depan jendela dan pakaian yang dikenakannya yang selalu berwarna merah. Hari-hari berikutnya, Roy mengajak Dia makan siang dan meluangkan banyak waktu bersamanya untuk berbincang-bincang meski ia tahu Dia telah bertunangan dengan Allen (Neil Jackson) dan akan segera menikah pada musim panas nanti.

Sally mendapat ajakan dari atasannya, Greg Clemente (Antonio Banderas) untuk menonton opera setelah isteri Greg mendadak ada urusan. Sejak saat itu, Sally merasa tertarik pada Greg dan sempat menceritakan perasaannya pada Iris (Anna Friel), teman kuliahnya dulu. Iris yang pelukis kemudian dikenalkan oleh Sally kepada Greg yang menyukai lukisan-lukisan Iris dan bersedia membelinya untuk galeri seninya. Tadinya Sally merasa senang karena Greg memujinya karena telah berhasil menemukan pelukis berbakat seperti Iris, tapi saat ia tahu Iris berselingkuh dengan Greg dan berniat menceraikan isterinya, ia pun merasa gusar dan langsung berniat berhenti bekerja pada Greg dan membuka galeri seni sendiri dengan meminta sokongan dana dari ibunya.

Sally akhirnya bercerai dari Roy, sedang Roy akhirnya pindah ke apartemen Dia setelah gadis itu membatalkan pertunangan dan rencana pernikahannya dengan Allen. Alfie tadinya sempat meminta Helena untuk kembali menjadi isterinya, tapi Helena menolak dan berencana menikahi Jonathan setelah arwah isteri pertama Jonathan memberi restu untuk mereka menikah. Alfie terpaksa kembali pada Chairmaine. Roy yang sempat mencuri naskah novel temannya, Henry Strangler (Ewen Bremner) yang dikiranya meninggal dalam kecelakaan mobil belakangan merasa khawatir karena Henry ternyata tidak meninggal tapi koma. Apalagi ia telah telanjur mengklaim karya Henry sebagai karyanya dan penerbit sudah setuju untuk menerbitkannya. Henry meski masih belum sadar sepenuhnya telah memberi tanda dengan kedipan matanya bahwa ia akan segera siuman sepenuhnya dari komanya. Film berakhir dengan kesimpulan bahwa ilusi lebih manjur dari obat.

Film ini meski bergenre komedi, tapi termasuk satire, karenanya kesimpulan tersebut cocok. Jika film ini bergenre komedi romantis, ending dan kalimat penutupnya pasti tidak akan ironis seperti itu. Dibandingkan dengan film bergenre serupa, sebut saja Married Life dengan kalimat deskripsinya antara lain "marriage is like a flu", You Will Meet A Tall Dark Stranger terkesan lebih realistis. Dialog yang menurut saya lucu dalam film ini adalah sebagai berikut:

Helena: What a charming man.
Enid : Yes, poor Jonathan. His wife died recently and he's been trying so desperately to contact her.
Helena: Contact her?
Enid: He owns an occult book shop. He's very devout, in a new age way. 

Jadi, apakah film ini layak ditonton? Ini tergantung pada penonton macam apakah Anda. Jika Anda adalah penyuka komedi romantis, mungkin Anda tidak akan terlalu menikmati film ini; tapi jika Anda menyukai satire,  saya rasa Anda akan menyukai film ini.

* Gambar dipinjam dari sini.

4 komentar:

rezKY p-RA-tama mengatakan...

wah,,selalu review film mulu
mantap dah,,
menjadi sarana untuk mengetahui jalan cerita maupun trailer buat film yang akan ditonton

Selvia Lusman mengatakan...

@Rezky: Thanks :-)

~ jessie ~ mengatakan...

Kelihatannya menarik. Btw, udh nonton 500 days of Summer? Itu juga bagus! ;D

Selvia Lusman mengatakan...

@Jessie: Belum. Mau nonton, ah :-D