Translate

Total Tayangan Halaman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Selasa, 01 Februari 2011

John Logan, Edward Zwick, Marshall Herskovitz, dan The Last Samurai

The Last Samurai
Film ini bercerita tentang Nathan Algren (Tom Cruise) yang oleh kekaisaran Jepang disewa untuk mengajar tentaranya cara menggunakan senjata. Tentara-tentara ini sedianya harus menumpas pemberontakan para samurai yang menolak westernisasi yang diterapkan kekaisaran dan memilih hidup sesuai tradisi. Para samurai itu dipimpin oleh Katsumoto (Ken Watanabe).
Meski tentaranya belum siap berperang, mereka telah diterjunkan untuk melawan para samurai. Akibatnya mereka kalah dalam pertempuran dan Nathan bahkan ditawan. Ia lalu dirawat oleh Taka (Koyuki), janda dari salah satu samurai yang dibunuhnya.
Katsumoto yang fasih berbahasa Inggris dan ingin mempelajari tentang musuhnya memperlakukan Nathan dengan baik, tidak seperti perlakuan yang umumnya diterima tawanan. Nathan yang terkesan dengan cara hidup para samurai, akhirnya memilih untuk membantu Katsumoto menghadapi dua batalion tentara yang dikirim untuk menyerang mereka. Karena kalah jumlah, Katsumoto dan para samurainya pun terbunuh. Nathan akhirnya memilih untuk tetap tinggal di desa bersama Taka dan anak-anaknya.

Film yang dirilis pada tahun 2003 ini diadaptasi dari novel karangan penulis Amerika bernama Helen DeWitt. Saat diadaptasi ke layar lebar, John Logan dipercaya untuk menulis ceritanya, sementara naskahnya dikerjakan oleh Edward Zwick dan Marshall Herskovitz. Sarat dengan dialog yang "dalam", The Last Samurai adalah salah satu film yang patut diperhitungkan. Berikut adalah  cuplikan dialog dalam The Last Samurai :
KATSUMOTO : You believe a man can change his destiny?
ALGREN : No ... But I think a man cannot know his destiny. He can only do what he can, until his destiny is revealed.
Keseluruhan script bisa dibaca di IMSDb
* Gambar poster The Last Samurai dipinjam dari Wikipedia.

  * Gambar John Logan dipinjam dari Wikipedia.
John Logan
Bernama lengkap John David Logan, lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat pada tanggal 24 September 1961. Logan menempuh pendidikannya di Universitas Northwestern. Pada tahun 1999 ia menulis Any Given Sunday yang disutradarai oleh Oliver Stone dengan bintang utamanya Al Pacino dan Cameron Diaz. Selain bekerja sebagai penulis naskah dan dramawan, Logan juga bertindak sebagai produser.
* Gambar Edwar Zwick dipinjam dari Wikipedia.
Edward Zwick 
Edward M. Zwick lahir pada tanggal 8 Oktober 1952 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat dari pasangan Ruth Ellen dan Allen Zwick. Bersama Marshall Herskovitz, Zwick menjalankan perusahaan film yang diberi nama The Bedford Company. Nama ini diinspirasi dari judul film Frank Capra, It's Wonderful Life. Perusahaan filmnya memproduksi film-film berkualitas. Salah satu di antaranya yang menghantar Zwick sebagai salah satu penerima penghargaan adalah Shakespeare in Love yang menyabet kategori film terbaik pada ajang Academy Award. Selain sebagai penulis naskah, Zwick juga menyutradarai The Last Samurai. Film lainnya yang pernah ia sutradarai antara lain Blood Diamond (2006) dan Defiance (2008).
 * Gambar Marshall Herskovitz dipinjam dari Wikipedia.

Marshall Herskovitz
Pemilik nama lengkap Marshall Schreiber Herskovitz lahir di Philadelphia, Pennsylvania pada 23 Pebruari 1952 dari pasangan Frieda dan Alexander Herskovitz. Menempuh pendidikannya di Universitas Brandeis dan lulus pada tahun 1973. Ia bertemu Edward Zwick pada tahun 1975 dan bersama Zwick lalu menjalankan perusahaan film The Bedford Falls Company. Sejak bulan Mei tahun 2005, ia menjadi salah satu blogger yang berkontribusi di The Huffington Post.

2 komentar:

merry go round mengatakan...

Oooohhh ini semua orang behind the scene nya Last Samurai yaaa...

Aku baru ngeh kalo Ken Watanabe main disitu juga (dodol).

Grace Receiver mengatakan...

@Rossa: Ya, ini para penulis scriptnya. Dodol Garut enak tuh. Hehe...