Translate

Total Tayangan Halaman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Kamis, 27 Januari 2011

Shiva, Angina, dan Duka

Beberapa malam yang lampau,
Dalam Michael Clayton, kudengar George Clooney berkata, "Aku Shiva, dewa kematian"
Benakku lalu-lalang,
Melintas ke berita sang tokoh idola,
Ayahnya berpulang beberapa hari sebelum Natal.
Lalu, tiba berita duka.
Orang yang kukenal juga berpulang. Juga angina.

Lalu, duka datang.
Bergulung bagai ombak.
Riak dan buihnya buatku teteskan air mata.
Aku pergi ke rumah duka.

Duka keluarganya buatku turut merasa pilu.
Ah, manusia itu rapuh!
Ah, hidup itu singkat!
Ah, siapa yang tahu sampai berapa lama usiaku!

Selama aku hidup,
Selama masih tersisa napasku,
Tak ingin sia-siakan lagi waktuku.
Buat aku berguna selagi aku ada!

Ah, manusia itu kuat!
Lihatlah, duka tak surutkan yang ditinggalkan tuk tetap paksakan senyum.

Ah, manusia itu kuat!
Duka tak raibkan kekuatan tuk terus lanjutkan hidup!

Buat yang pergi, selamat jalan!
Kukenang kau dalam ingatan.
Buat yang tinggal, tetaplah tegar!

Hidup memang tak melulu manis,
Meski pahit, kita masih hidup!
Mari teruskan perjalanan!

Ah, manusia memang rapuh!
Tapi, manusia juga kuat!
Duka gayuti kita,
Semoga bukan selamanya.
 
*  Dalam film Michael Clayton (2007), salah satu dialog yang diucapkan George Clooney menyebutkan bahwa dirinya adalah Shiva karena ia berperan sebagai karyawan yang membongkar skandal di perusahaan  hukum tempatnya bekerja, sehingga membahayakan kelangsungan perusahaan itu.
** Angina pektoris atau disebut juga Angin Duduk adalah penyakit jantung iskemik didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam miokardium.

Tidak ada komentar: