Translate

Total Tayangan Laman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Jumat, 05 November 2010

Belajar Tentang Hidup dari Serial Grey's Anatomy

Grey's Anatomy adalah serial produksi ABC yang dibuat oleh Shonda Rhimes. Dengan latar belakang dunia kedokteran, serial ini telah melewati musim tayang demi musim tayang dan masih tetap disukai oleh penontonnya. Di Indonesia serial ini pernah ditayangkan hingga dua season oleh Jaktv, tapi setelah itu serial ini raib dan kelanjutannya tidak pernah ditayangkan lagi. Para penyuka serial ini mau atau pun tidak harus merogoh kocek yang agak dalam untuk bisa terus mengikuti kelanjutannya dengan membeli DVD-nya. Kalau pun ingin yang gratis, paling tidak hanya bisa menikmati dari website-nya. Jika koneksi internet tidak bermasalah tentu hal ini bukan penghalang, tapi tetap saja tidak senyaman menonton di televisi. Meski begitu, semua itu terbayar. 

Bagi saya pribadi, serial ini berbeda dengan serial serupa yang berlatar belakang dunia kedokteran seperti yang pernah dibuat sebelumnya (ER, Chicago Hopes, dan lain-lain). Satu hal yang saya sukai tidak saja karena karakter-karakternya yang menonjol seperti Dr Christina Yang, tokoh yang digambarkan terkenal cerdas, efisien, tangguh, dan sarkastis, Dr Meredith Grey (tokoh utama serial ini) yang melabeli dirinya "dark and twisty", dan tokoh-tokoh lainnya, tapi juga karena dialognya yang dalam dan plotnya yang bergerak cepat.

Bicara tentang dialog, saya merasa banyak hal yang bisa dipelajari lewat script serial ini. Berikut beberapa di antaranya:

"If there’s an upside to free falling, it’s the chance you give your friends to catch you."
Semandiri apa pun seseorang, tetap saja manusia butuh teman untuk membantunya melalui masa-masa sulit. Hal ini mungkin hal yang terdengar tidak asing, tapi terkadang kita sulit membuka diri untuk bercerita pada orang yang kita percayai. Hal ini bisa dikarenakan tidak ingin membebani teman dengan masalah kita atau bisa juga karena sungkan, atau sebaliknya karena kita merasa percaya diri bisa mengatasi sendiri masalah kita, tapi tetap saja manusia kadang butuh untuk berbagi.

"We get bigger, taller, older. But for the most part we’re still a bunch of kids running around the playground, trying desperately to fit in."
"Communication. It’s the first thing we really learn in life. Funny thing is, once we grow up, the harder it becomes to know what to say."
Semakin manusia dewasa kemampuannya untuk bersosialisasi dan membawakan diri di tengah masyarakat dan pergaulan sehari-hari seharusnya juga semakin meningkat. Meski begitu, terkadang sulit bagi kita untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan bahkan timbul perasaan bahwa kita tidak cocok berada di lingkungan mana pun. Hal ini bukan berarti ada yang salah dengan kita. Ini hanyalah sebuah proses dalam kehidupan.

"Knowing is better than wondering. Waking is better than sleeping. And even the biggest failure, beats the hell out of never trying"
"Sometimes, the fear is just of making a decision. Because, what if you’re wrong? What if you’re making a mistake you can’t undo?"
"I don’t know why we put things off, but if I had to guess, I’d say it has a lot to do with fear. Fear of failure, of pain, of rejection."
"If you get a chance, take it. If it changes your life, let it."
Saat menghadapi tantangan, manusia bisa saja merasa gentar dan tidak percaya diri karena takut gagal. Walau kegagalan kadang berat untuk diterima, tapi tetap saja lebih baik mencoba dan gagal daripada tidak pernah memulai mengerjakan apa pun. Setidaknya kita bisa belajar dari kegagalan sehingga lain kali kita bisa melakukannya lebih baik.

"All any of us wants is more time. Time to stand up. Time to grow up. Time to let go... Time."
"Love the people who treat you right, forget about the ones who don't, and believe that everything happens for a reason."
"Life is not a spectator sport. Win, lose, or draw, the game is in progress... whether we want it to be or not."
Hidup terus bergerak maju. Kita terkadang memang menoleh ke belakang, tapi itu tidak berarti kita harus hidup di masa lalu. Meski masa depan mungkin membuat gamang, tapi tidak ada gunanya berusaha melongok ke masa lalu dan berhenti di sana. Masa lalu adalah sebuah pembelajaran yang seharusnya membawa manusia menjadi lebih arif, tapi jangan jadikan hantu yang memerangkap kita hingga tidak bisa melangkah ke depan.

Ya, saya belajar tentang hidup, menyemangati diri sendiri, dan berjuang menggapai apa yang saya inginkan bukan dari buku pengembangan diri, bukan dari menonton acara motivasi diri, tapi dari dialog dari serial Grey's Anatomy. Ingin belajar lebih banyak tentang hidup? Ayo, coba tonton serial Grey's Anatomy! 

* Quotes taken from Grey's Anatomy Quotes.

5 komentar:

Ronny Dee mengatakan...

Wah, insight yang menarik dari Greys Anatomy, saya cuma nonton sepotong-sepotong aja...Quotesnya inspiring ya :)

merry go round mengatakan...

Selviaa... Backgroundnya emang keren banget, tapi nyiksa banget banget pas baca tulisan kamu yang keren ituuuuhhh :(( Warna tulisannya diganti aja say, saya musti ngeblock semua tulisan kamu dulu soalnya untuk bisa ngebaca (saran aja siiihh..)

Saya sukaaaa banget sama Grey's Anatomy. Lucu, seru, hubungan Meredith sama si-siapa-itu juga ngga ketebak. Udah lama bgt ngga nonton serial ini, jadi lupa nama tokohnya dan episode yang dialognya kamu kutip disini.

Tapi saya mulai ilang rasa pas Grey's Anatomy masuk season 7 kalo ngga salah. Pas adenya Meredith jadi juniornya dia di RS yang sama, trus adenya itu sempet naksir cowo Meredith juga. Aiiihh, maksa bgt rasanya. Jadi stop nonton deh sejak season itu.

Kalo Gossip Girl suka nonton ngga?

Grace Receiver mengatakan...

@Ronny Dee: Hehe... Mungkin ini saatnya nonton potongan lain yang belum sempat ditonton. @merrygoround aka Rossa: Hehe... So sorry, segera diganti. Nama pacar meredith itu Dr Derek Shepard aka Mcdreamy. Sekarang masih season7 di negara asalnya (sepertinya yang kamu tonton season6). Adenya Meredith namanya Lexi dan dia ngga naksir derek koq, derek juga ngga naksir dia. O ya Meredith sudah nikah sama Derek. Jadi ayo nonton lagi! Kalau Gossip Girl tadinya ngga suka karena tokoh2nya hampir semuanya antagonis. Belakangan jadi suka setelah tahu salah satu penulis script-nya Josh Schwartz (yang nulis The OC).

merry go round mengatakan...

Whuatt?????

Meredith udah nikah sama Derek???????

mamiihh...musti nonton lagi nih.

Selvia Lusman mengatakan...

@merrygoround aka Rossa: Hehe... Tapi Meredith-Derek nikahnya beda banget dari semua orang.