Translate

Total Tayangan Halaman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Kamis, 12 Agustus 2010

Kimi di Rally Finland

Ini adalah kali kedua Kimi membalap di Rally Finland. Tahun lalu ia membalap dengan mobil yang berbeda. Menjelang lomba, Kimi menghabiskan waktu dua hari untuk melakukan test dan membuat sedikit penyesuaian pada C4 yang dikendarainya. Pada hari pertama lomba, Kimi sempat berada di posisi kedelapan. Meski Kimi merasa mobilnya sempurna tapi kekurangan pengalamannya membuat dia tidak dapat melarikan mobilnya dengan percaya diri. Terlebih setelah mobil yang dikendarai Henning Solberg sempat melebar sehingga di SS8 Kimi melambat karena dia mendapat sinyal untuk melambatkan mobilnya agar tidak melakukan kesalahan yang sama dengan Solberg.

Memasuki hari kedua, Kimi membuat kesalahan di tikungan dan mobil yang disopirinya tergelincir dari jalan. Meski tidak mengalami kerusakan tapi mobilnya sempat terjebak di parit. Saat akhirnya berhasil keluar dan mencoba kembali ke jalan, Kimi kehilangan bumper depan juga kedua ban depan. Kimi kehilangan lebih dari sepuluh menit untuk mengganti ban termasuk juga empat menit tambahan selama penalti. Dengan hanya dua hari balapan, Kimi tidak memiliki kesempatan untuk mengejar ketinggalan dan beruntung bisa finish di posisi ke-25. Meski tidak menuai poin di negara asalnya sendiri dan mengaku sedikit kecewa, tapi tujuan utamanya untuk bisa finish setidaknya terpenuhi. Apalagi mengingat Rally Finland adalah balapan yang sangat sulit dengan tikungan yang licin. Putaran berikutnya akan berlangsung di Jerman pada tanggal 20-22 Agustus pada event Rallye Deutschland. Semoga pada balapan berikutnya Kimi bisa meraih poin lagi. Terakhir kali Kimi mencetak poin di Rally Portugal.

Saat disinggung mengenai rencananya, apakah akan tetap membalap di WRC atau kembali ke lintasan Formula One, tahun depan, Kimi menjawab bahwa ia sejujurnya belum tahu karena ia belum membuat keputusan. Kimi juga menolak untuk mengomentari skandal team order yang melibatkan tim Ferrari, tim yang dibelanya tahun lalu dan juga memutuskan kontrak sebelum masa berlakunya usai. Presiden FIA, Jean Todt yang juga sempat menempati posisi di Ferrari juga menolak untuk berkomentar mengenai skandal team order di Ferrari dan mengalihkan topik dengan mengungkapkan opininya bahwa keputusan Kimi untuk beralih ke rally adalah tindakan yang sangat berani dan juara dunia 2009, Jenson Button atau siapa pun yang akan menjadi juara dunia F1 tahun ini jika mereka terjun ke rally tidak akan berada pada level yang sama dengan Kimi pada musim pertama mereka. Berbeda dengan Todt, Kimi lebih jujur mengungkapkan pikirannya bahwa ia saat ini tidak berada di Formula One karena itu ia tidak peduli pada apa yang terjadi di sana (termasuk skandal team order Ferrari). Silakan baca di sini untuk lebih lengkapnya: Raikkonen: 'I'm Not In Formula One, So I Don't Care What's Happening There'

Setelah Sebastien Loeb, kini giliran Tommi Makinen yang menyatakan opininya bahwa Kimi sebaiknya tetap membalap di WRC tahun depan dan tidak kembali ke Formula One. Makinen juga melontarkan sejumlah pernyataan positif tentang Kimi sebagai seorang pebalap yang tak kenal menyerah. Pernyataan Makinen bisa dibaca di sini: Makinen Urges Raikkonen to Stay in WRC

2 komentar:

Theresia Hutapea mengatakan...

Selvia, kalo WRC itu medannya yg lbh kasar kan?bkn diarena kya F1 kan.. mm wktu team order itu aku ntn, tapi seingatku Ferarri jg dlu prnah gt, wktu jaman Schumi ama Barichello, udah biasa kynya, makanya aku g ngerti knapa jadi berita diKompas bsknya :p

Grace Receiver mengatakan...

@Echa: Ya, WRC bukan di trek tapi di alam terbuka. Hehe... Kalau soal team order mungkin karena peraturannya sekarang sudah berubah atau bisa juga karena berita yang berbau skandal lebih "menjual" daripada berita tentang hasil balapannya.