Translate

Total Tayangan Laman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Jumat, 23 Juli 2010

Kimi Semakin Diincar

Meski Formula One dan WRC masih menyisakan beberapa putaran yang jangka waktunya cukup panjang hingga ke akhir musim, tapi silly season di Formula One ternyata sudah dimulai lebih cepat dari seri berikutnya. Meski Kimi belum memberitahukan keputusannya apakah tahun depan akan melanjutkan tahun keduanya di rally atau kembali ke lintasan Formula One, tapi namanya telah dikait-kaitkan dengan sejumlah tim balap.

Sebelumnya Kimi sempat dikaitkan sebagai pembalap yang akan menggantikan rookie pendatang baru Vitaly Petrov di Renault. Meski Petrov dianggap rookie paling bersinar di musim ini, tapi secara perhitungan di atas kertas, Kimi jelas jauh lebih berpengalaman. Kimi telah menghabiskan sembilan tahun berada di Formula One dan menjadi juara dunia pada 2007 silam. Robert Kubica sendiri menyatakan tidak berkeberatan jika disandingkan dengan Kimi tahun depan.

Opsi lain yang dimilki Kimi adalah bergabung dengan Red Bull karena isu yang berhembus mengatakan Kimi mungkin akan menggantikan Mark Webber yang sempat diberitakan merasa dianaktirikan oleh timnya karena posisinya sebagai pembalap kedua. Ketidakcocokan Webber dengan Vettel, entah memang benar sebegitu buruknya atau cuma dramatisasi media telah menimbulkan spekulasi bahwa Kimi berpeluang untuk menggantikan Webber.

Selain itu fakta bahwa Norbert Haug (vice-president dari Mercedes-Benz Motorsport) telah mengunjungi Kimi di rumahnya baru-baru ini, juga pendapat Martin Whitmarsh (team principal di Mclaren Mercedes) yang menyatakan bahwa Formula One akan lebih kaya jika Kimi kembali membalap di (F1). Whitmarsh juga sempat memberikan apresiasi positif bahwa Kimi adalah pembalap berbakat dan pintar. Mercedes sendiri sebenarnya sudah menginginkan Kimi sejak tahun lalu, tapi The Iceman lebih tertarik untuk mencoba pengalaman baru dengan pindah jalur ke rally. Kabar yang berhembus menyatakan Kimi (mungkin) akan menggantikan Michael Schumacher yang menurut prediksi Jackie Stewart dan Bernie Ecclestone (mungkin) akan kembali pensiun setelah kembalinya yang mengecewakan.

Masih seputar Formula One, supplier ban Pirelli yang tahun depan akan menyuplai ban untuk F1 juga mengincar Kimi untuk melakukan sejumlah test. Selain karena pengalaman Kimi membalap di F1 selama sembilan tahun, Kimi juga memakai ban Pirelli selama ia membalap di rally tahun ini sehingga Kimi dianggap pilihan tepat untuk menguji ban.

Meski begitu, WRC juga menginginkan Kimi. Sebastien Loeb, juara dunia WRC tujuh kali menyatakan opininya bahwa Kimi sebaiknya tetap melanjutkan tahun keduanya di WRC. Tahun pertamanya masih merupakan proses belajar dan adaptasi, karena itu hasil balapannya belum membuatnya diperhitungkan sebagai salah satu kandidat juara dunia. Sejauh ini Kimi baru mengumpulkan lima belas poin.

Sebagai fans, saya juga mengalami ambigu. Satu sisi saya lebih suka Kimi tetap membalap di WRC karena di rally Kimi akan menimba banyak pelajaran dan mengalami berbagai pengalaman baru yang lebih menarik ketimbang mengelilingi trek di Formula One yang Kimi anggap juga membosankan. Sirkuit-sirkuit baru memang membuat overtaking jadi sulit untuk dilakukan sehingga hasil balapan hanya tergantung pada qualifying kecuali ada insiden balap atau cuaca buruk seperti hujan deras yang menyebabkan aqua planning dan mobil melintir. Sisi lainnya, akan lebih mudah untuk mengakses informasi jika Kimi kembali membalap di Formula One, selain karena WRC tidak ditayangkan di stasiun tv lokal, juga karena Formula One memiliki banyak situs yang tidak cuma mengabarkan fakta, tapi juga rumor yang beredar di seputar paddock. Apalagi jika silly season sudah dimulai. Tapi, membalap di manapun, saya yakin Kimi akan tetap berusaha memberikan yang terbaik dari dirinya. Mobil balapnya boleh tidak kompetitif, tapi semangat kompetisi yang dimiliki Kimi tidak akan padam. Ini terbukti saat ia balapan dengan Taddy Blazusiak. Meski balapan ini bukan untuk poin, tapi Kimi tetap berusaha untuk menang. The Flying Finn will keep flying. 

4 komentar:

NoRLaNd mengatakan...

jadi ingat jaman jaman saat saya masih SMA, ada seorang pembantu saya, perempuan usia sekitar 18 tahun, namun dia sangat menyukai F1.
jangan2 lebih maniak pembantu saya daripada kamu. Hhehehe...

alice in wonderland mengatakan...

Brovo Kimi! yang punya blog juga semangat dunk nyari berita tentang Kimi walau sekarang lebih susah^^

Grace Receiver mengatakan...

@NoRLaNd: Saya sih lebih ngefans Kimi daripada F1. Hehe...

Grace Receiver mengatakan...

@Alice: Ya, tetap semangat koq. Hehe...