Translate

Total Tayangan Halaman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Jumat, 11 Juni 2010

Little Bitchy Things

Saya benci hal-hal kecil dari kelakuan "tanpa sadar" orang-orang di sekeliling saya yang menurut saya mengganggu dan menjengkelkan hingga dalam hati saya mengumpat dan memaki mereka bitchy. Berikut di antaranya: 

Haus Pujian
Menurut saya sangat menyedihkan jika orang terlalu bias menampakkan diri mereka sangat butuh pujian. Setahu saya orang yang terlihat jelas ingin dipuji adalah orang yang rendah diri dan butuh sugesti dari lingkungannya untuk membuat mereka merasa berarti. Jika Anda tahu kualitas diri sendiri, Anda tidak perlu pujian atau pengakuan. Saya sering merasa rikuh dan terganggu saat menyadari orang memuji saya (dengan harapan saya balik memuji mereka). Memang manusia butuh pujian sesekali, tapi saat pujian sudah menjadi candu, saya rasa itu sudah tidak sehat. Saya tidak tahu bagaimana dengan Anda, tapi saya biasanya bisa mendeteksi dengan cepat saat seseorang mengucapkan sesuatu dengan nada suara yang persuasif dan jelas berharap dipuji. Mungkin saya ekstrim, tapi setahu saya orang tidak mungkin terlihat lebih menarik jika kebutuhan spiritualnya adalah mendapat sanjungan setiap saat.

Nothing is more effective than sincere, accurate praise, and nothing is more lame than a cookie-cutter compliment - Bill Walsh.

The biggest compliment to me is that guys really approach me and they have a connection with me, so there must be something I'm doing that is authentic, otherwise they wouldn't connect with me so strongly. It's a real compliment - Jeremy piven.

Butuh Pembenaran
Pernahkah Anda mendengar kalimat seperti ini, "Ya, saya memang salah tapi kan bla bla bla" atau "Ya sih saya memang salah tapi maksud saya kan baik. Setidaknya kesalahan saya tidak bla bla bla" Menurut saya, jika kita berbuat salah, cukup katakan, "Saya salah. Maafkan saya." atau kalau Anda punya kapasitas lebih Anda bisa bertanya, "Apa yang bisa saya lakukan untuk meminimalisir kesalahan saya?" Jika Anda melakukan kesalahan, lalu minta maaf tapi mengajukan banyak pembelaan diri, itu sama artinya Anda  minta maaf cuma di mulut saja, tapi secara mental Anda merasa diri Anda benar. Orang akan lebih gusar dengan permintaan maaf Anda ketimbang kesalahan yang Anda buat. Just simply say sorry and SHUT UP!

An explanation of cause is not a justification by reason - C. S. Lewis

A man must be big enough to admit his mistakes, smart enough to profit from them, and strong enough to correct them. - John C. Maxwell

Merepotkan
Anda pernah bertemu orang yang tiap beberapa saat pasti minta pertolongan? Anda baru saja menolong dia dalam hal A. Baru saja urusan A selesai, dia lalu minta tolong perkara B, C, D sekaligus. Menolong memang tidak ada salahnya, minta tolong juga bukan hal yang keliru, tapi jika Anda minta tolong terus-menerus, itu cuma membuktikan bahwa Anda bukan pribadi yang mandiri.

Charity is injurious unless it helps the recipient to become independent of it.- John D. Rockefeller

Every human has four endowments- self awareness, conscience, independent will and creative imagination. These give us the ultimate human freedom... The power to choose, to respond, to change.- Stephen Covey

Bawel
Apa Anda pernah bertemu tipikal orang yang mirip paparazzi? Dia senang mengorek segala hal tentang Anda sehingga Anda merasa tengah diinterogasi? Biasanya jenis orang semacam ini sering salah kaprah antara nyinyir dengan penuh perhatian.

Much talking is the cause of danger. Silence is the means of avoiding misfortune. The talkative parrot is shut up in a cage. Other birds, without speech, fly freely about.- Saskya Pandita

Senang Mengintervensi
Ada orang yang tipikalnya senang ikut campur tanpa diminta. Jenis orang semacam ini umumnya menganggap diri sendiri paling benar dan senang mengkritik orang lain. Setahu saya, orang tidak akan termotivasi, apalagi terinspirasi dengan kritik yang cuma menjatuhkan tapi tidak membangun. Dan percayalah, sempurna itu membosankan. Semakin Anda berusaha keras terlihat paling benar dengan menunjukkan kekurangan orang lain, Anda akan terlihat semakin tidak menarik.

Well, you know, certain - for one reason, I think that the intervention process is a good process for most people, but for me, it just looked like a bunch of my friends trying to get back at me and sit around taking jabs at me, you know, when I couldn't defend myself.- Tanya Tucker

I had given up magic, because it had reached a state of perfection. I felt that I was able to transform men into animals. I did not make use of this capability, because I believed I could not justify an intervention of this kind in the life of another person. - Wolfgang Hildesheimer 

Pintar? 
Pernah tidak bertemu dengan orang yang memang benar pintar tapi berusaha terlalu keras untuk membuat semua orang menyadari kepintarannya? Lalu ada pula jenis "pintar" yang lain. Jenis orang "pintar" semacam ini biasanya senang menguliahi orang-orang yang lebih muda usianya dari dia atau yang menurut dirinya kurang pengalaman. Setahu saya, usia yang lebih tua tidak menjamin orang tersebut tahu lebih banyak; juga banyaknya pengalaman tidak menjamin seseorang lebih sukses. Biasanya orang yang "pintar" cenderung terlalu banyak opini, kurang bisa menerima ide-ide baru. Akhirnya "kepintaran" mereka tidak mengesankan orang, malah membosankan sekaligus mengganggu.

Be smart, but never show it.  - Louis B. Mayer

None of us are really dumb and none of us are really smart. We're in the middle. - Daniel Johns

Be as smart as you can, but remember that it is always better to be wise than to be smart. - Alan Alda

Untuk diri saya sendiri, sepertinya saya perlu mengingat kutipan di bawah ini senantiasa:

If a small thing has the power to make you angry, does that not indicate something about your size? - Sydney J. Harris

Keep cool; anger is not an argument. - Daniel Webster

He who angers you conquers you. - Elizabeth Kenny

11 komentar:

Fanda mengatakan...

Kebanyakan orang punya salah satu dari that bithcy things itu. Tapi susah juga kalo punya akumulasi dari beberapa ya...

Pa kabar Selvi? Sori aku jarang kesini yah... Sibuk ngurusin toko buku online nih...

alice in wonderland mengatakan...

wah ada juga yang memuji untuk dipuji... kalo saya sih jarang memuji karena jarang dipuji..lhoh???

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

Wah setujuh banget. Tapi harus inget juga kalo orang2 yang ngelakuin itu semua nggak sadar sama sekali lho kalo perbuatan mereka menjengkelkan. Karena orang2 itu sedang dalam proses; entah itu karna minder, nggak berani berusaha sendiri, pandangan terhadap diri sendiri yang rendah, perasaan tidak aman, kurang kerjaan atau ngerasa tidak berarti. Harusnya orang2 ini tidak dibenci, tapi mungkin ditegur (bukan dengan marah, tapi dengan kepedulian). Kalo memang ngak bisa ndegerin ya salah itu orang. Tapi biasanya orang bakalan mikir, karena sikap2 begini bikin jengkel banyak orang, bukan cuman satu orang. Jadi pastinya dia sudah pernah 'kepentok' sama orang lain juga. Kalo waras, pasti dia mikir.

Kalo toleransi kita lagi rendah, ya jauh2 aja sama orang2 begini. Pura2 sibuk ngisi TTS ato maen ular tangga daripada diganggu. Jaman sekarang mah gampang banget ngacangin orang meskipun orangnya ada di depan idung kita =)

Grace Receiver mengatakan...

@Alice: Haha... kamu bisa aja.

Grace Receiver mengatakan...

@Fanda: Thanks sudah meluangkan waktu untuk mampir ke blog ini. Semoga toko buku kamu laris selalu. Jbu.

Grace Receiver mengatakan...

@Ria-Kristina: Thanks buat tipsnya. Ya nih lagi high voltage, mungkin imbas PMS. Hehe...

Theresia Hutapea mengatakan...

huuuuuaaa aku sih ga suka dgn org yg memuji tapi ga tulus, alias basa basi, soale kadang kala bs kethuan dri intonasi atau gesturenya, hahah...tpi kdang org mmuji u/ blik dpuji krna bth prhatian jg kali ya...

klo mslh org yg bth pmbnaran, emg susah sih nmuin org yg bnar2 rndah hati, mw mminta maaf klo slh,pd dasarnya mnusia kan tkt u/ dktahui klemahannya n ksalahannya...(loh bner ga ya?hehehe....)

btw aku jg paling suka dgn org2 yg pintar, tpi qt tahu dia pintar krna kita tahu, hehe...mksdnya bkn krna dia publikasikan, org2 yg bnar2 pintar cpt trdeteksi kok biasanya dri cara bicara, isi omongannya, sopan sntunnya, dsb....

yah kdang2 aku jg sih sadar g sdar prnah brprilaku kaya gt jg, tpi klopun ada org2 dsekitarku yg brprilaku sprti yg dsbut diatas itu dlm tingkatan "akut" biasanya aku jauhin ato cuekin ajah, dripada makan ati, nti aku jg yg rugi, heheheh...:D

jc mengatakan...

Iyah memang itu semua kalo dijadiin satu jadi nyebelin, Sel.. Tapi barangkali juga mereka enggak secara sengaja tuh melakukannya, barangkali kebiasaan atau malah bukan sesuatu yang disadari sama sekali. *kok mbulet?*
Anyway.. hallo, Selviaaaaa... Aku masih ada pe-er yang blom takkerjain yahh.. T_T

Grace Receiver mengatakan...

@Theresia Hutapea: Hehe... Memang kita harus terus up grade diri sendiri biar makin bijak menghadapi orang-orang di sekeliling kita

Grace Receiver mengatakan...

@Jessie: Ya, kalau semuanya ada sih parah banget. Haha...

usagi mengatakan...

kalau cuma satu atau sesekali itu sich manusiawi..tapi kalau keseluruhan atau itu baru menyebalkan..
saya punya teman yang seperti itu..
menyebalkan sich..tapi kalau dipikir2 kasihan..karena smakin dia hiperbola..semakin nunjukin dia minder dan butuh eksistensi..
lebih baik cari aman..dengan menghindari konflik..atau sebisa mungkin menghindari komunikasi..daripada kesel..(^_^)