Translate

Total Tayangan Laman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Rabu, 14 April 2010

Review Film Don't Look Back

Review ini adalah tag dari Kristina.

Judul asli film ini adalah Ne te retourne pas, dirilis pada bulan Juni tahun lalu di Perancis. Bercerita tentang Jeanne, seorang penulis novel yang kesulitan menyelesaikan tulisannya. Pada saat keluar dari kantor penerbitan, Jeanne melihat anak perempuan bergaun hijau yang tertabrak mobil saat berlari di jalan.

Kembali ke apartemennya, Jeanne lagi-lagi dibuat jengkel. Ia merasa Teo (Andrea Di Stefano), suaminya dan kedua anaknya sering memindahkan letak barang-barang sehingga jadi sulit ditemukan. Belakangan Jeanne malah merasa bukan saja letak barang yang berubah, tapi wajah suami dan anak-anaknya pun ikut berubah. Teo menyarankan Jeanne untuk berobat karena ia khawatir Jeanne menderita tumor atau kanker yang membuat ia tidak lagi mengenali sekelilingnya. Jeanne yang merasa sehat-sehat saja menolak, tapi belakangan Jeanne sendiri yang meminta diantar ke psikiater saat ia tidak lagi mengenali wajah Teo dan melihatnya seperti pria asing (Thierry Neuvic). Jeanne juga tidak mengenali lagi wajah anak-anaknya, bahkan wajahnya sendiri. Ia lalu tinggal bersama ibunya.

Di rumah ibunya, Jeanne makin gelisah saat wajah ibunya pun berubah. Ia lalu menemukan sebuah foto tua dan menyusuri kembali masa lalunya saat ia masih kecil. Ia lalu bertemu Gianni yang wajahnya terlihat bagaikan Teo. Ketika ia terbangun dari mimpinya, Jeanne lalu mengikuti gadis bergaun hijau dan sampai pada berbagai tempat yang ia kenali. Scene lalu berputar antara kehidupan gadis bergaun hijau yang dilihatnya, saudara perempuannya yang berambut pirang yang meninggal karena kecelakaan mobil, hingga perjalanannya dengan kereta api. Di akhir film, Jeanne (Sophie Marceau) akhirnya kembali ke apartemennya dan berdiri di depan pintu dan melihat ke arah Jeanne (Monica Bellucci) yang kepulangannya disambut gembira oleh Teo dan kedua anak mereka. Lalu ada pula scene Jeanne dan Jeanne duduk berdampingan sambil mengetik untuk menyelesaikan novelnya

Dari awal hingga akhir film, penonton dibawa untuk menyimpulkan sendiri apa yang sebenarnya terjadi terhadap Jeanne. Ada beberapa kemungkinan yang ditawarkan film ini: 1. Jeanne memang menderita tumor/kanker yang membuat otaknya menjadi tidak beres 2. Jeanne adalah seorang penderita skizofrenia yang kerap berdelusi 3. Jeanne pada masa kecilnya mengalami kecelakaan traumatis yang merenggut nyawa saudara perempuannya. Karena rasa kehilangan yang tak mampu ia atasi, Jeanne pun mengidap penyakit kepribadian ganda. Alter Jeanne juga bernama Jeanne. Penafsiran tentang film ini bisa beragam dan terserah Anda bagaimana mau menyimpulkannya.
 
* Gambar dipinjam dari sini.

3 komentar:

MATA HATI mengatakan...

pa kabar sob..

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

grace..thanks ya udah menuliskan review dont look back jadi aku ga bingung2 sendiri. kalo menurutku sih si monica belucci ini kayanya punya kepribadian ganda ya. jadi dia menganggap diri sendiri jadi si sophie yang sebenernya udah meninggal dari kecil. tapi tetep aja bingung...mungkin film ini dibuat membingungkan biar yang nonton penasaran ya hehe...
thanks...nice review

Grace Receiver mengatakan...

@Kristina: You're welcome. @Matahati: Fine, thanks.