Translate

Total Tayangan Halaman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Rabu, 03 Maret 2010

Review Film Sherlock Holmes

Film ini diadaptasi dari novel detektif karangan Sir Arthur Conan Doyle, penulis sekaligus dokter berkebangsaan Skotlandia, kelahiran 22 Mei 1859 dan meninggal pada 7 Juli 1930.

Film dibuka dengan scene Sherlock Holmes (Robert Downey Jr.) bersama sahabat karibnya, Dr John Watson (Jude Law) menghentikan aksi Lord Blackwood ( Mark Strong) yang hampir saja mengorbankan nyawa seorang gadis yang diikat di atas altar untuk kegiatan black magic-nya. Lord Blackwood lalu dipenjarakan dan dijatuhi hukuman gantung. Watson sendiri yang memastikan kematian Blackwood dengan memeriksa denyut jantungnya. Tapi tak lama setelah itu, dunia digegerkan dengan kasus-kasus pembunuhan yang terjadi. Apalagi ada saksi yang menyatakan bahwa Lord Blackwood bangkit dari kubur dan meresahkan banyak pihak.

Holmes pun meminta Watson untuk ikut serta dalam penyelidikan. Watson sebenarnya tidak ingin ikut serta karena ia harus mempertimbangkan perasaan tunangannya, Mary Morstan (Kelly Reilly) yang tidak terlalu akur dengan Holmes setelah sahabatnya itu menyinggung Mary pada pertemuan pertama mereka. Meski berusaha mengelak dari tawaran Holmes, tapi Watson tidak dapat mencegah rasa ingin tahunya, maka sekali lagi ia terlibat petualangan seru dengan Holmes. Penyelidikan mereka membawa perkembangan baru yang melibatkan Irene Adler (Rachel McAdams) yang menjadi kaki tangan Blackwood.

Blackwood yang menganggap Irene gagal menjalankan tugas menghukumnya dengan mengikatnya pada tiang penjagalan hewan. Beruntung Holmes dan Watson berhasil menyelamatkannya. Di penghujung film baru diketahui bahwa Blackwood melakukan kejahatannya bukan dengan kemampuan sihir tapi dengan tipuan sulap. Irene tewas di tengah pertarungan antara Blackwood dan Holmes.

Saat menyaksikan film ini, saya merasa ada detil yang salah dalam film ini. Rasanya Robert Downey Jr kurang cocok berperan sebagai Sherlock Holmes. Bukan karena aktingnya, tapi karena ciri-ciri fisiknya. Mulanya saya mengira hal ini disebabkan sampul depan novel Sherlock Holmes yang saya miliki menggambarkan tokoh detektif ini  dengan postur yang tinggi dan berwajah tirus. Tapi saat saya amati lebih lanjut,  ternyata detil yang terasa salah itu disebabkan warna kulit Holmes yang tidak berubah setelah menyelesaikan kasus terakhirnya. Padahal dalam salah satu scene diceritakan bahwa Holmes mengurung diri dalam apartemennya yang gelap tanpa pernah membuka tirai apartemennya sehingga sinar matahari tidak dapat masuk. Jika seseorang  mengurung diri dalam ruangan gelap tanpa sinar matahari, seharusnya ia terlihat lebih pucat, tapi sepanjang film ini kulit Holmes terlihat kecoklatan. Ya, ini memang detil kecil yang terluput. Tapi ini adalah film yang diangkat dari tokoh detektif yang super teliti. Demikian telitinya sehingga ia tahu persis berapa jumlah anak tangga apartemennya sementara Watson yang tinggal bersama Holmes selama bertahun-tahun tidak tahu berapa jumlahnya. Jadi sayang rasanya jika detil-detil kecil kurang tergarap. Meski begitu detil Holmes yang digambarkan setengah sinting seperti mengkonsumsi kokain dan suka menembaki dinding apartemennya masih diselipkan meski tidak sekuat gambaran dalam novelnya. Secara keseluruhan film ini cukup menghibur.

Jika Anda tertarik untuk membaca novel Sherlock Holmes setelah menonton film ini, berikut adalah link yang menyediakan novel Sherlock Holmes: 3 Novel Sherlock Holmes.


7 komentar:

air mengatakan...

Kayaknya Johnny Deep (bener ga tulisannya? gue ga pernah hafal tulisannya) yang lebih cocok deh meranin Sherlock Holmes. Even gue ga terlalu suka Deep tapi dia selalu cocok meranin tokoh-tokoh aneh gitu, he he....

jc mengatakan...

Eh.. memangnya Irene mati yah di film itu? Seingetku kok cuma pingsan yah? Physically emang Johnny Downey Jr kurang cocok jadi Sherlock Holmes but i think he did very well kok hehehe di Golden Globe Award dia menang bukan sih? Best actor kayaknya.

S.Lusman mengatakan...

@air: Tulisannya Depp, bukan Deep. @jc: Tadinya Irene pingsan, tapi setelah diserang lagi oleh Lord Blackwood & Sherlock sibuk fighting dengan Blackwood, Irene terlambat ditolong dan tewas.

alice in wonderland mengatakan...

setuju kalo Johnny Depp yang jadi sherlock holmes-nya... mesti keren abis udah bawaan "aneh" orangnya =)

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

Setuju ama Jessie. Kayaknya Irene gak mati, tapi cuman ditinggal di atas jembatan trus kalungnya diambil buat cincin pertunangan Watson.

Adegan yang mnrtku aneh adalah pas mereka kejar2an di gorong2 tiba2 nembusnya di puncak Tower of London. Yang bener aja. Gorong2 kan di bawah, tower kan di atas. Dimana2 kalo masuk gorong2 itu nembusnya sungai ato laut, bukan di atas menara. Ya nggak sih?

Mnrtku Robert Downey OK2 aja sih, cuman baik Robert maupun Johnny Depp dua2nya orang Amerika. Kalo yang meranin Sherlock Holmes mnrtku yang paling cocok mungkin Joseph Fiennes atau Rupert Everett, karena kedua2nya orang Inggris. Jude Law udah OK ^_^

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

Setuju ama Jessie. Kayaknya Irene gak mati deh (apa ada versi ending yang lain?). Seingetku dia digantung doang di jembatan sama kalungnya diambil Holmes untuk ganti cincin pertunangan Watson.

Kalo mnrtku adegan yang aneh itu pas kejar2an di gorong2. Kok nembusnya di atas Tower of London sih? Kan gorong2 itu di bawah, kalo mau naik harusnya ada tangga dulu atau apalah, mana mungkin meluncur terus tiba2 di atas tower? Dimana2 gorong2 tembusnya ke sungai ato ke laut.

Pendapatku sih Robert Downey ya bagus sih di film ini, karena dapat kesan yang agak2 nyentrik gitu. Cuma, baik Robert Downey maupun Johnny Depp dua2nya sama2 orang Amerika. Kalo mnrtku, yang paling pantas meranin Holmes adalah Joseph Fiennes atau Rupert Everett, karena dua2nya aktor Inggris...

Grace Receiver mengatakan...

@JC dan Ria-Kristina: Irene ngga mati ya? Selesai nonton film ini, saya baca lagi novel Sherlock, mungkin plot di buku dan di film jadi kecampur di ingatan saya. Haha...