Translate

Total Tayangan Halaman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Sabtu, 02 Januari 2010

Review Film Julie and Julia

Film ini diadaptasi dari kisah nyata Julia Child (My Life in France) dan Julie Powell (Julie & Julia: 365 Days, 524 Recipes, 1 Tiny Apartment Kitchen) yang dibukukan. Julia Child (Meryl Streep) adalah seorang pegawai pemerintah yang mengikuti suaminya, Paul Child (Stanley Tucci) yang dipindahtugaskan ke Perancis pada tahun 1949. Di negara ini Julia lalu belajar memasak makanan Perancis. Julia mulai dari dasar seperti memotong bawang bombay hingga halus hingga membelah lobster. Karena tidak ada buku resep masakan Perancis yang ditulis dalam bahasa Inggris, Julia lalu membuat buku resepnya sendiri yang akhirnya berhasil mendapat penerbit yang mau menerbitkannya.

Julie Powell (Amy Adams) juga seorang pegawai pemerintah. Dia juga mengikuti suaminya,  Eric Powell (Chris Messina) pindah ke Queens pada tahun 2002. Julie yang merasa tersisih karena teman-temannya adalah wanita karir yang berhasil, merasa harus melakukan sesuatu untuk mengimbangi teman-temannya karena ia sendiri cuma pegawai biasa dan seorang ibu rumah tangga. Tidak mau kalah dari Annabelle (Jillian Bach), temannya yang seorang blogger, Julie pun tergerak untuk membuat blog juga. Eric yang pertama kali memberi ide pada Julie untuk mencoba memasak semua resep masakan Perancis dari buku masak yang ditulis Julia Child. Ia memberi deadline selama setahun (325 hari) untuk memasak 524 resep dan menuliskan pengalaman memasaknya dalam sebuah blog.

Petualangan Julie pun dimulai. Meski pada awalnya tidak ada yang mengomentari tulisannya selain ibunya saja, Julie perlahan tapi pasti mulai mendapatkan komentar dari para pembaca blognya, yang tidak saja merasa terhubung dengannya tapi juga mengirimkan beberapa bahan yang diperlukan untuk memasak. Berhubung Julie bukan seorang chef, masakan yang dibuatnya lebih sering gagal. Bahkan Eric yang tadinya sangat mendukung Julie sempat bertengkar dengannya karena Julie terlalu fokus dengan proyek memasaknya hingga kurang tidur dan terserang flu, bahkan menangis histeris sambil berbaring di lantai dapurnya setelah masakannya gagal lagi. Scene ini sangat lucu dan mengingatkan saya pada novel Little Women yang ditulis Louisa May Alcott. Salah satu dari empat bersaudara ini juga pernah menangis karena gagal menyajikan masakan sempurna.

Setelah menyelesaikan proyek memasaknya, tulisan Julie juga dibukukan pada tahun 2005. Julie sekarang adalah seorang penulis. Sedangkan Julia Child meninggal dunia pada tahun 2004 dalam usia 91 tahun, sedang suaminya Paul telah meninggal lebih dulu di tahun 1994 dalam usia 92 tahun.

Film ini benar-benar inspiratif. Saya sangat merekomendasikan film ini untuk ditonton oleh semua blogger, khususnya untuk blogger yang mungkin sedang jenuh atau tidak punya ide baru untuk ditulis. Saya yakin setelah menyaksikan film ini, sedikit-banyak Anda pasti akan merasa bersemangat untuk melanjutkan hobi menulis atau bahkan jika Anda bukan blogger, bukan tidak mungkin Anda juga terinspirasi untuk membuat blog.

Saya akan mengakhiri review ini dengan sebuah kutipan yang juga disukai Julie. Ini adalah kata-kata dari Paul Child untuk isterinya, Julia Child, "You are the butter of my bread and you are the bread of my life."

Blog Julie Powell:
The Julie/Julia Project
What Could Happen?

Tidak ada komentar: