Translate

Total Tayangan Halaman

Note

Note: For blogger friends who ever exchange links with me and have removed the blog or change your address, I have removed your link from my blog; including blogs that causes downloaded so difficult. Please remove my link from your blog. Thank you.

Catatan: Bagi teman-teman blogger yang pernah tukar link dengan saya dan telah menghapus blognya atau pindah alamat, saya telah menghapus link kalian dari blog saya; termasuk juga blog yang menyebabkan download jadi sukar. Silakan hapus link saya dari blog kalian. Terima kasih.

Senin, 14 Desember 2009

Film Favorit Saya (5)

Sekuel pertama Pirates of the Caribbean yaitu The Curse of the Black Pearl diawali dengan Elizabeth kecil yang ikut berlayar bersama ayahnya dan tanpa sengaja menemukan Will kecil yang terapung-apung di laut di atas pecahan kapal. Scene lalu berganti saat Elizabeth Swann (Keira Knightley) yang telah dewasa dibangunkan ayahnya supaya segera mengenakan gaun barunya dan menghadiri upacara pelantikan Norrington sebagai komodor EITC (East India Trading Company). Pada saat yang hampir bersamaan Kapten Jack Sparrow (Johnny Depp) datang ke Port Royal dan bermaksud mencuri sebuah kapal yang ditambatkan di dermaga. Saat Elizabeth yang sesak napas karena korset yang dipakainya tanpa sengaja jatuh ke laut, Jack pun menolongnya. Tapi begitu ayah Elizabeth dan Norrington mengenali Jack sebagai bajak laut, mereka pun sepakat untuk menggantung Jack meski Elizabeth menghalangi. Jack pun memakai Elizabeth sebagai sandera sehingga ia dapat melarikan diri. Jack lalu pergi ke bengkel kerja Brown, tempat Will (Orlando Bloom) bekerja sebagai pembuat pedang. Will mencegah Jack lari hingga Norrington tiba dan Jack pun dipenjara.

Sementara itu Kapten Barbossa (Geoffrey Rush), tangan kanan Jack yang berkhianat dan merebut kapalnya tiba di Port Royal dan menyerang penduduk. Barbossa bahkan menawan Elizabeth. Will yang ingin menyelamatkan Elizabeth lalu membebaskan Jack untuk memandunya menemukan Barbossa. Jack lalu mengajak Will ke Tortuga untuk merekrut awak kapal meski tadinya Will sempat marah pada Jack karena Jack mengaku kenal ayah Will, Bill Turner yang juga seorang bajak laut dan lebih dikenal dengan julukan Boothstrap. Will bersikeras bahwa ayahnya bukan bajak laut.

Di atas Black Pearl, Elizabeth menukar kalung milik Will dengan kebebasannya, tapi Barbossa ingkar dan tetap menawannya. Kalung yang dikira Elizabeth sebagai medali bajak laut, ternyata adalah emas Aztec yang dikutuk. Elizabeth ternyata berada di kapal hantu dengan seluruh awak kapal yang juga hantu. Barbossa yang mengira Elizabeth adalah anak Boothstrap bermaksud membawanya ke Isla de Muerta untuk mengorbankannya agar seluruh awak kapal dapat terbebas dari kutukan dan menjadi manusia lagi. Beruntung Will berhasil menyelamatkan Elizabeth, tapi kini Jack yang ganti ditawan Barbossa. Tak habis akal, Jack memberitahu Barbossa bahwa anak Boothstrap bukanlah Elizabeth, tapi Will. Barbossa lalu menangkap Will, sementara Jack dan Elizabeth dibuang di pulau tak bertuan. Beruntung Jack memiliki simpanan rum di pulau itu. Elizabeth lalu membakar semua persediaan rum untuk membuat sinyal. Jack dan Eizabeth ditemukan oleh Norrington.

Jack meyakinkan Norrington untuk mengejar Barbossa lalu ia diam-diam lari dengan sampan dan menemui Barbossa untuk merebut kembali Black Pearl. Elizabeth yang dicegah ayahnya untuk menyelamatkan Will juga lari dengan sampan menuju Isla de Muerta. Jack dan Will terlibat pertarungan dengan Barbossa dan awak kapalnya, sementara sebagian awak kapal Barbossa menyusup dan menyerang ke kapal milik Norrington. Will akhirnya berhasil mematahkan kutukan sehingga Jack bisa mengalahkan Barbossa dan awaknya yang telah kembali menjadi manusia. Norrington pun menangkap Jack lagi dan berniat menggantungnya; tapi berkat pertolongan Will dan Elizabeth, Jack dapat lolos lagi. Jack pun mendapatkan kembali Black Pearl berikut awaknya.

Dibandingkan dengan Superman atau Spiderman, saya lebih suka Pirates of the Caribbean. Selain lebih seru dan lucu, plotnya juga tidak klise. Jika Superman dan Spiderman selalu baik hati dan siap menolong serta selalu kelihatan tampan dan berhasil mendapatkan gadis impiannya; tapi itu tidak terjadi pada Kapten Jack Sparrow. Jack bukanlah orang baik seperti Spiderman. Ia seorang bajak laut yang biasa merampas kapal dan menjarah harta, tapi Jack juga tidak sepenuhnya jahat. Jika Superman akhirnya mendapatkan Lois Lane, tapi tidak dengan Jack Sparrow. Jack lebih menyukai Black Pearl daripada Elizabeth. Selain itu, dalam film umumnya tokoh super hero selalu menyelamatkan dan dengan pertolongan yang tidak seberapa dari orang-orang tertentu, tokoh super hero selalu berhasil mempecundangi musuhnya; tapi Jack Sparrow lebih sering hampir digantung tapi berkat pertolongan awak kapalnya, Elizabeth dan Will, Jack selalu dapat lolos. Jika dalam film Spiderman atau Superman, Mary Jane dan Lois Lane lebih sering ditolong daripada menolong, Elizabeth Swann dalam Pirates of the Caribbean tidak hanya menerima pertolongan dari Jack atau Will. Ia juga membantu membebaskan Will, awak kapal Jack, dan Jack sendiri. Will juga tidak melulu menolong Elizabeth, tapi juga menolong Jack. Secara keseluruhan, sebagai salah satu film produksi Disney, Pirates of the Caribbean seolah ingin memberitahu bahwa manusia tidak hanya memiliki sisi baik atau sisi buruk saja, tapi keduanya dan pada akhirnya sisi baik manusia yang menang.

Berikut adalah satu dialog kesukaan saya: "Gentleman. .. m' lady. .. you will always remember this as the day you almost caught Captain Jack Sparrow."

Baca script Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl di sini.

3 komentar:

Yunna mengatakan...

I love this film...

MATA HATI mengatakan...

iya tuh keren filmnya aku dah nonton..acting si ganteng jg asik..mantap sob

Fanda mengatakan...

Aku sih ga terlalu suka Pirates, ga tau kenapa. Sel, ada Santa Claus dateng ke blogku dan ada kado buatmu juga. Ambil ya!